Post Icon

Bahagia

Apa yang spesial dari tempat ini? Kurasa, selain tempatnya nyaman, ada satu hal yang tak bisa aku tinggalkan disini. Kamu...
Iya, kamu begitu indah dengan alunan piano itu, kamu begitu nyata adanya. Pertama aku melihat kamu, kamu begitu sempurna dengan melodi-melodi yang kau ciptakan itu. Ditemani segelas lemon tea yang kuminum, aku begitu menikmati permainan piano itu. Tak kusangka, aku terhanyut dan terpukau karenanya.
Aku melihatmu begitu nyata, saking nyatanya, aku ingin memilikimu. Indah, hanya itu yang bisa kusebut. Kau menghampiriku dengan senyuman tulus itu, duduk di depanku. Aku, hanya terpukau melihatmu. Dia yang selalu buat aku  nyaman berada ditempat ini. 
Ada hal lain yang lebih dari sekedar rasa kagum padanya. Ketika dua pasang mata ini bertemu dengan matanya, mata yang selalu menatap ke arah bahagia itu. Apakah ini yang dinamakan bahagia?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Posesif

"Sory ta, gue harus pergi" ujar Tiara
"Tapi besok kesini lagi kan" tanya Tata
"Iya ta, gue besok kesini kok, gue buru-buru ini, cowok gue marah" ujar Tiara
"Oke" sahut Tata

"kemana aja sih kamu, ditungguin lama banget, gue udah setengah jam yang lalu nangkring di motoran, loe ngertiin gue dong" bentak Rivan, cowok Tiara.
"Maaf sayang, tadi ada urusan sebentar" jawab Tiara

Ibarat kata, mereka berdua hidup penuh arti. Tetapi  satu dari yang lainnya ingin kebebasan yang utuh. Memangnya kayak gitu yang namanya cinta. Dia aja nggak ngasih kebebasan buat loe berjuang, yang dia tahu hidup loe adalah hidupnya dia. Dia yang mengatur hidup loe, loe harus nurutin apa kata dia. Memangnya loe nggak capek? Si cewek berusaha menyingkirkan negative thinkingnya tentang si cowok. "Ya, nggak apa-apa sih, itu bukti dia care sama gue. "Iya, terserah loe ajalah, kalau gue jadi elo, seharusnya cinta itu nggak saling mengatur. Cinta memang saling memiliki tapi apa cinta punya hak untuk memiliki hidup kita? Bukan cinta namanya, jika dia mengatur kebebasan kita hanya karena dia nggak mau kehilangan kita. Bukan sayang namanya, jika dia nggak percaya kata-kata kita. Cinta itu bukan tentang dia harus selama-lamanya sama kita, tapi tentang dia yang mengerti kita apa adanya tanpa harus merubah kita. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Rindu

Rindu...
Mengapa rindu tak kunjung hadir?
Mengapa setiap detik selalu gelisah?
Rindu...
Pejamkan mata dan rindu itu akan hadir.
Hadir di setiap mimpi yang memelukmu erat.
Rindu itu...
Dia yang mengajarimu cara melangkah dengan pasti.
Mengajari cara untuk mengungkapkan hatinya.
Rindu itu...
Setiap angan yang kau terbangkan, begitu berarti.
Setiap jiwa yang dapat kau satukan, begitu sempurna adanya.
Seperti bintang yang hadir, ketika kau terbangun dari lelapnya.
Rindu itu...
Kamu...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Apa itu Bullying?

Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Victorian Departement of Education and Early Chilhood Development mendefinisikan bullying terjadi jika seseorang atau sekelompok orang mengganggu atau mengancam keselamatan dan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun psokologis, mengancam properti, reputasi atau penerimaan sosial seseorang serta dilakukan secara berulang dan terus menerus. 
Hasil gambar untuk bullying
Bentuk-bentuk bullying antara lain seperti berikut :
  1. Bullying fisik, contohnya memukul, menjegal, mendorong, meninju, menghancurkan barang orang lain, mengancam secara fisik, memelototi, dan mencuri barang.
  2. Bullying psikologis, contohnya menyebarkan gosip, mengancam, gurauan yang mengolok-olok, secara sengaja mengisolasi seseorang, mendorong orang lain untuk mengasingkan seseorang secara soial, dan menghancurkan reputasi seseorang.
  3. Bullying verbal, contohnya menghina, menyindir, meneriaki dengan kasar, memanggil dengan julukan, keluarga, kecacatan, dan ketidakmampuan (example : "Eh ada sih pincang lewat").
Bullying  bisa terjadi di tempat-tempat berikut ini :
Hasil gambar untuk bullying
  1. Terjadi pada pada situasi di mana pengawasan yang kurang dari orang dewasa, seperti di kamar mandi sekolah, jalan masuk kelas, dan tempat bermain.
  2. Sering terjadi di tempat bermain daripada di kelas.
  3. Interaksi agresif (baik secara fisik maupun verbal) muncul setiap 24 menit di tempat bermain, sedangkan di dalam kelas kemunculannya sekali setiap 37 menit.
  4. Tempat bermain yang biasanya tidak diawasi oleh guru atau orang dewasa, juga sulit dideteksi karena tingginya aktivitas bermain anak-anak di lapangan dan sering dikira sebagai salah satu bentuk permainan anak-anak misalnya permainan gulat.
  5. Di dalam kelas.
 Dampak bullying secara umum :
  •  Pelaku
  1. Bullying yang terjadi pada tingkat SD dapat menjadi penyebab perilaku kekerasan pada jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Pelaku cenderung berperilaku agresif dan terlibat dalam gank serta aktivitas kenakalan lainnya.
  3. Pelaku retan terlibat dalam kasus kriminal menginjak usia remaja.
  • Korban
  1. Memiliki masalah emosi, akademik, dan perilaku jangka panjang.
  2. Cenderung memiliki harga diri yang rendah, lebih merasa tertekan, suka menyendiri, cemas, dan tidak aman.
  3. Bullying menimbulkan berbagai masalah yang berhubungan dengan sekolah seperti tidak suka terhadap sekolah, membolos, dan drop out.
  • Saksi 
  1. Mengalami perasaan yang tidak menyenangkan dan mengalami tekanan psikologis yang berat.
  2. Merasa terancam dan ketakutan akan menjadi korban selanjutnya.
  3. Dapat mengalami prestasi yang rendah di kelas karena perhatian masih terfokus pada bagaimana cara menghindari menjadi target bullying dari pada tugas akademik.
Apa saja yang dapat dilakukan oleh para guru untuk menangani kasus bullying di sekolah?
Hasil gambar untuk bullying
  1. Identifikasi perilaku bullying sejak dini.
  2. Fasilitas diskusi kelompok dengan siswa dan orang tua untuk membahas bullying.
  3. Capai konsensus bersama mengenai bullying dan waktu yang tepat untuk mengintervensi.
  4. Guru memberikan contoh bagi siswa untuk selalu berperilaku positif.
  5. Meningkatkan pengawasan terhadap siswa, terutama di tempat bermain.
  6. Memanajemen kelas dengan menciptakan iklim kelas yang bersahabat, pengaturan tempat duduk siswa, dan penggunaan media relaksasi di kelas.
  7. Membuat peratuan anti bullying di sekolah berdasarkan kesepakatan bersama dengan siswa dan orang tua. Peraturan anti bullying mengenai perilaku yang pantas untuk ditunjukkan siswa di sekolah. Jumlah aturan tidak terlalu banyak dan dinyatakan dalam bentuk kalimat positif, misalnya "Perlakukan semua orang dengan baik dan hormat", "Usahakan agar semua orang merasa aman dan nyaman", serta "Tolong menolong adalah hal terpuji untuk dilakukan". 


STOP BULLYING!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS